Training Pelarangan Iklan Rokok pada Kabupaten/Kota di Jawa Timur, 27 Agustus 2021


Jumat, 27 Agustus 2021 12:03:44



Tobacco Control Support Center (TCSC) IAKMI Jawa Timur bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR berinisiatif untuk dapat memfasilitasi sejumlah 22 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang merupakan dampingan dari TCSC IAKMI JATIM – FKM UNAIR untuk dapat mengikuti training agar setiap Kabupaten/Kota dapat memaksimalkan regulasi Kawasan Tanpa Rokok dengan menambahkan poin pelarangan pada iklan rokok.

 

Peserta dari training ini adalah Dinas Kesehatan dari 22 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang merupakan dampingan dari TCSC IAKMI JATIM – FKM UNAIR yang telah konfirmasi hadir adalah sebagai berikut : Kota Surabaya, Kota Batu, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Madiun, Kab. Blitar, Kab. Ngawi, Kab. Banyuwangi, Kab. Malang, Kab. Sampang, Kab. Sumenep, Kab. Trenggalek, Kab. Pacitan, Kab. Mojokerto, Kab. Jember, Kab. Lumajang, Kab. Lamongan, Kab. Bojonegoro, Kab. Jombang, Kab.  Madiun, Kab. Pamekasan dan Kab. Ponorogo.

 

Materi yang disampaikan pada training hari pertama ini diberikan oleh : dr. Benget Saragih, M.Epid. (Kementerian Kesehatan RI) yang menyampaikan terkait Situasi Pengendalian Tembakau di Indonesia, Hadrian Marta, S.STP., M.Si (Kementerian Dalam Negeri RI) yang memberikan materi tentang Kewajiban Daerah dalam Menerapkan Kawasan Tanpa Rokok serta dr. Siti Robiah (Dinas Kesehatan Kota Bogor) yang memberikan sharing Best Practice Pelarangan Iklan Rokok di Kota Bogor.

 

Semoga dengan acara ini Kabupaten/Kota di Jawa Timur dapat melakukan inisiasi dan penegakkan kawasan tanpa rokok serta larangan iklan rokok untuk melindungi masyarakat terutama generasi muda agar terhindar dari paparan asap rokok sehingga generasi emas, generasi juara serta bonus demografi dapat tercapai (Daniel)

 

Link Materi Pembicara : https://drive.google.com/drive/u/3/folders/17tHUmgGkjNUdNSjrBuxsCmzHF8k4yMme