Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, 31 Mei 2020


Selasa, 02 Juni 2020 11:41:56



Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap tanggal 31 Mei 2020. Peringatan ini dicetuskan pertama kali oleh World Health Organization (WHO) pada Tahun 1987 dimana peringatan ini adalah upaya untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya nikotin tembakau bagi kesehatan.

Kali ini tema HTTS 2020 dari WHO sedikit berbeda karena langsung menyasar kepada manipulasi yang dilakukan oleh industri tembakau pada generasi muda di seluruh dunia.

Di Indonesia, fakta bahwa data riskesdas Tahun 2018 menunjukkan angka peningkatan perokok muda dan anak-anak dari 7,2% (Riskesdas 2013) naik menjadi 9,1% dan ini menjadi keprihatinan kita, apalagi mereka adalah generasi penerus Bangsa Indonesia.

Dengan ini kita tahu bahwa anak dan remaja adalah target pemasaran Industri Rokok. Kita bisa lihat dari sponsor, CSR, beasiswa dimana banyak sekali misleading informasi yang menunjukkan gaya hidup anak muda yang keren, sehat, atraktif dan cerdas padahal nyatanya nikotin dalam tembakau adalah racun.

Dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengedukasi anak-anak kita agar tidak terperangkap manipulasi industry rokok dengan memperkuat regulasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan edukasi yang tepat, agar generasi muda kita menjadi generasi yang sehat dan berprestasi.