Pembahasan Ranperda Kabupaten Layak Anak di Kab. Lamongan, 4 Februari 2019


Selasa, 09 April 2019 20:36:22



Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pantai utara Jawa Timur dan sebagian kawasannya berupa perbukitan, pegunungan juga ada sungai bengawan solo yang mengalir di bagian utara. Tidak hanya sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur saja namun prestasi yang didapatkan oleh Kabupaten Lamongan perlu diacungi jempol. Salah satu prestasi yang didapatkan pada Tahun 2017 yaitu meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Menteri PPPA-RI Yohana Yambise.

 

Dalam poin KLA sendiri juga menyangkut poin terkait dengan adanya penerapan Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Lamongan. Inilah yang mendasari Tim TCSC IAKMI Jawa Timur untuk dapat berkunjung dalam rangka undangan DPRD Kabupaten Lamongan pada Februari lalu. Pada pertemuan kali ini membahas tentang Ranperda Kota Layak Anak yang akan segera ditetapkan dan disahkan

 

Dalam pembahasan tentang Ranperda KLA ini peran Tim TCSC IAKMI Jatim untuk dapat memberikan masukkan tentang pasal per pasal yang meliputi (1) adanya Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada 7 sarana (2) larangan untuk merokok, memproduksi rokok, menjual rokok serta mengiklankan rokok di sarana KTR.

 

Dr. Sri Widati, S.Sos., M.Si dari TCSC IAKMI Jatim menyatakan bahwa produk rokok tidak boleh diiklankan didepan anak2 karena sifat rokok adalah adiksi sama seperti narkoba, oleh karena itu pemasangan iklan rokok pun perlu diatur dalam ranperda ini.

 

Sementara itu Kurnia Dwi Artanti, dr., M.Sc (TCSC IAKMI Jatim) juga menyatakan bahwa anak-anak Kab.Lamongan perlu mendapat hak untuk menghirup udara bersih, segar dan sehat di masa pertumbuhannya. Jadi pihaknya menghimbau untuk tidak meracuni anak-anak dengan asap rokok baik dari orang tua maupun orang lain disekitarnya. Daniel