Pelatihan & Workshop Penyusunan dan Penerapan Peraturan Kawasan Tanpa Rokok di Provinsi Jawa Timur, 6-8 Mei 2018


Selasa, 16 Oktober 2018 20:53:42



Dalam rangkaian kegiatan ICTOH 5 di Hotel Bumi Surabaya, dalam waktu dan tempat yang sama dilaksanakan pelatihan dan workshop tentang penyusunan dan penerapan Perda Kawasan Tanpa Rokok di Provinsi Jawa Timur. Yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan ini yaitu dari 38 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur, baru 9 Kabupaten dan Kota yang telah mempunyai Perda Kawasan Tanpa Rokok.

Pada workshop ini diungkap beberapa kompleksitas dalam inisiasi regulasi kawasan tanpa rokok, termasuk banyaknya lahan dan industry tembakau yang tersebar di Provinsi Jawa Timur. Melalui workshop ini peserta diberikan pemahaman bahwa selain Perda ini adalah amanat dari Undang-Undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, juga memberikan pemahaman bahwa Perda KTR ini bukan untuk melarang orang merokok, tetapi mengatur agar para perokok dapat merokok di tempat yang tepat tanpa mengganggu orang lain yang tidak merokok, sehingga perokok dan bukan perokok sama2 mempunyai hak.

Workshop ini dihadiri oleh perwakilan dari 15 Kabupaten dan Kota Se Jawa Timur, mewakili 3 komponen yaitu Dinas Kesehatan, Bag. Hukum dan Bappeda/Bappeko yang mempunyai wewenang dalam proses pembuatan Perda Kawasan Tanpa Rokok, dan kita sama-sama berharap melalui workshop ini setiap kabupaten dan kota yang terpilih memiliki komitmen bersama dalam inisiasi Perda Kawasan Tanpa Rokok, meningkatkan peran serta OPD dan stakeholder serta dapat menyusun rencana advokasi dan merancang naskah akademik dan draft perda kawasan tanpa rokok di masing-masing Kabupaten atau Kota.