Obrolan Santai “Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Kebutuhan atau Keharusan?, 17 Februari 2017


Senin, 28 November 2016 16:00:05



Berdasarkan data Ikatan Ahli Kesehatan Indonesia, kawasan tertinggi terdampak rokok, yaitu pertama tempat umum, tempat kegiatan anak, dan sarana kesehatan maka itu perlu pengajuan agar Perda nomor 5 tahun 2008 segera direvisi oleh Pemerintah Kota Surabaya agar terwujud kawasan tanpa rokok 100 persen pada semua sarana termasuk tempat umum dan tempat kerja. Selain itu, memberlakukan larangan merokok di ruang tertutup, serta penyediaan kawasan terbatas rokok di dalam gedung. Selain itu saat ini ada beberapa tempat menjadi sorotan seperti minimarket yang  semakin menjamur dan digunakan untuk kawasan bebas merokok. 

Tobbaco Control Support Center (TCSC) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Jawa Timur mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuat aturan yang melarang pemasangan iklan rokok. Ketua TCSC IAKMI Jawa Timur, Dr. Santi Martini, dr., M.Kes., mengatakan, larangan iklan rokok menjadi keharusan jika Surabaya ingin menjadi kota cerdas (smart city). Kota-kota lain di dunia yang notabene berpredikat smart city telah menerapkan larangan iklan rokok seperti London, Barcelona, dan Paris. Ibu Santi mengatakan "Kalau menuju smart city tidak hanya ramah lingkungan seperti daur ulang sampah, tapi udara bersih juga harus dipikirkan”.

Dalam kesempatan kali ini TCSC IAKMI Jatim menggandeng Organisasi Pemerintah Daerah, Organisasi Profesi, LSM, Ormas dan pihak lain dengan membentuk jejaring MSTAR (Masyarakat Surabaya Tanpa Asap Rokok) untuk menyuarakan agar Pemerintah Kota Surabaya membuat aturan larangan iklan rokok. Aturan tersebut paling mudah dituangkan dalam peraturan walikota (Perwali).TCSC IAKMI mendorong dua area lagi yang dijadikan KTR yakni tempat umum dan tempat kerja. Selain itu, judul Perda juga dianjurkan agar menghilangkan suku kata Kawasan Terbatas Merokok. 


Link Berita :

http://republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/02/18/oljp1j280-tcsc-iakmi-dorong-pemkot-surabaya-larang-iklan-rokok

http://www.pojokpitu.com/baca.php?idurut=41577&&top=1&&ktg=Jatim&&keyrbk=.Metropolis&&keyjdl=Kawasan