Pertemuan Tim SATGAS KTR Kota Surabaya dan Rencana Sosialisasi Perwali KTR


Rabu, 19 Januari 2022 11:01:21



Awal tahun 2022 menjadi momen diadakannya kembali pertemuan tahunan Tim Satuan Tugas KTR Kota Surabaya. Pertemuan ini bertempat di Dinas Kesehatan Kota Surabaya dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2022 kemarin. Acara tersebut dilangsungkan secara tatap muka dengan tetap mentaati protokol kesehatan ketat seperti menjaga jarak dan memakai masker.

Hasil pembahasan dari pertemuan antara lain perencanaan pemantauan kembali pelaksanaan aturan Kawasan Tanpa Rokok tahun 2022 di Surabaya. Hal ini menjadi agenda awal tahun yang dipersiapkan dan akan dilaksanakan sepanjang 2022. Pada kesempatan ini juga dibahas mengenai sosialisasi Perwali KTR Kota Surabaya Nomor 110 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Perda Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Kawasan Tanpa Rokok. Aturan baru ini sebagai landasan hukum dan kepastian hukum dalam memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, serta bertujuan untuk melindungi hak asasi manusia dalam mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya melalui pengendalian terhadap bahaya asap rokok.

Dengan adanya Perwali pedoman pelaksanaan KTR ini diharapkan implementasi KTR di Kota Surabaya dapat lebih ditegakkan. Selain itu, upaya yang sudah dan akan dilakukan dapat berjalan dengan optimal sehingga dapat berdampak terhadap Kesehatan masyarkat, khususnya pencegahan dampak negatif penggunaan rokok di masyarakat. (Rizma)